Diberdayakan oleh Blogger.

Slamat datang di blog MI Attaqwa GUPPI Wojowalur

Semoga blog yang masih sederhana ini ada manfaatnya

Senin, 20 Februari 2012

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)


PENELITIAN TINDAKAN KELAS

       Bagi guru penelitian yang paling tepat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajarannya adalah mencoba-coba melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Kata ”penelitian” dalam PTK menunjuk pada sebuah kegiatan mencermati suatu proses tertentu dengan menggunakan prinsip-prinsip dan teori yang sudah ditentukan. Dari tiga kata yang membentuk konsep PTK, yang paling penting maknanya adalah yang kedua, yaitu ”TINDAKAN”.  Dengan begitu penelitian tindakan mempunyai arti  pencermatan, tertuju pada objek penting yaitu tindakan.  Dalam hal ini tindakan menunjuk pada suatu perlakuan – sebagaimana istilah yang digunakan dalam penelitian eksperimen. Perbedaan antara perlakuan dalam eksperimen dan dalam PTK adalah demikian.
         Tindakan dalam eksperimen dicermati dampaknya terhadap hasil, sedangkan tindakan dalam penelitian tindakan, yang dicermati
         adalah unsur-unsur yang ada di dalam proses tindakan itu sendiri
      Kata ketiga yaitu ”Kelas” menunjukkan keterangan di mana tindakan dilaksanakan, tidak mempunyai makna mengikat. Penelitian model ini dapat dilaksanakan bukan hanya di dalam gedung sekolah saja tetapi  juga dapat di lapangan, di bengkel, di laboratorium, atau di tempat-tempat lain yang masih termasuk dalam urusan pembelajaran. jadi bagi guru  penelitian dapat dilakukan di kelas, tetapi mungkin juga di luar kelas, misalnya di lapangan atau di tempat lain ketika guru mengantar siswa dalam tugas pengamatan di museum, pabrik, dan lain-lain.
        Sesuai dengan tugas profesional guru adalah mendidik, membimbing, dan mengajar siswa melalui proses pembelajaran, maka tindakan yang dilakukan dan diteliti dengan sendirinya juga harus disesuaikan dengan profesinya, yaitu melakukan proses pembelajaran terhadap siswa di kelasnya. Tindakan yang dapat dilakukan oleh guru tidak saja diarahkan kepada siswa dalam rangka pembelajaran, tetapi juga dapat untuk kepentingan dirinya sendiri, yaitu meningkatkan mutu kinerjanya sebagai guru.
 CIRI-CIRI PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Sebetulnya saat ini tidak sedikit guru yang dalam kegiatannya sehari-hari sudah melakukan upaya untuk meningkatkan mutu profesionalnya, tetapi mungkin sifatnya coba-coba, insidental, tidak dengan sengaja dirancang sejak awal dan mungkin juga belum diamati prosesnya secara sistematis, apalagi dicatat dan dilaporkan sebagai laporan penelitian tindakan yang dapat dikategorikan sebagai KTI.

  
        Beberapa persyaratan kegiatan guru, atau siapa saja,  supaya dapat dikategorikan sebagai penelitian tindakan harus memenuhi ciri-ciri sebagai berikut...... untuk lebih lengkapnya silahkan download disini


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjn2c6XdgoBOeJ92EbtJBN0osxF1u4n6RBfFPuyaog0pm02OfWeY2-7WU6YVtrK1AIK706FKikSejivOgmEGCvVVWsGRf_lo3nBIkEK7IGGmjok7wjz1OJV2j-Uf2fzELlPT6H9s7QWUcI/s1600/Lambang_Kabupaten_Kulon_Progo.jpg 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

About