RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
MI ATTAQWA GUPPI
Tema / Sub Tema :
Berbagai pekerjaan / Jenis-jenis Pekerjaan
Kelas / Semester :
IV / 1
Materi Pokok :
Manusia, dalam hubungannya dengan kondisi geografis di
sekitar-nya
Pertemuan :
1
Alokasi Waktu :
6 X 35 menit
A. Kompetensi Inti :
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar :
IPA
3.7 Mendeskripsikan hubungan an- tara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
IPS
4.5 Menceritakan manusia
dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan
ekonomi
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan
sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan
tulis dengan memilih
dan memilah kosakata
baku
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
IPS
§
Mengidentifikasi keberadaan jenis-jenis pekerjaan
serta hubu- ngannya
dengan kondisi geografis
IPA
§
Menjelasakan sumber daya alam di suatu daerah dan
meng- hubungkannya dengan jenis-jenis pekerjaan yang
ada
Bahasa Indonesia
§
Mengolah informasi tentang Macam-macam pekerjaan
D. Tujuan
Pembelajaran :
·
Dengan
mengkaji bacaan tentang hubungan sumber daya alam dan pekerjaannya, siswa mampu menjelaskan hubungan sumber daya
alam
dan pekerjaan yang ada di daerah tersebut.
·
Setelah
menganalisa gambar, siswa mampu mengidentifikasi pekerjaan-pekerjaan yang ada di kebun teh secara rinci.
·
Setelah menganalisa peta siswa mampu mengidentifikasi kondisi geografis dan pekerjaan dengan benar.
·
Setelah
mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dan kondisi
geografis (dataran rendah, tinggi dan perairan).
E. Materi Pembelajaran
IPS
§ Macam-macam pekerjaan
IPA
§ Pemanfaatan sumber daya alam
Bahasa Indonesia
§ Laporan hasil pengamatan dan berdiskusi
F. Metode Pembelajaran :
Metode Pembelajaran : Tugas, Eksperimen, Diskusi,
Tanya Jawab, kerja kelompok
G. Media pembelajaran
Gambar aktivitas orang bekerja di pantai,
gunung,
H. Sumber belajar
1. Buku Guru Berbagai
Pekerjaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.Lazuardi GIS. 2013 hal 1 – 9
2. Buku Siswa Berbagai
Pekerjaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.Lazuardi GIS. 2013 hal 1 – 10
I. Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
-
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
-
Siswa secara berkelompok mengamati
gambar. (Observing)
-
Siswa menulis dan mengomunikasikan hasil
pengamatan gambar secara lisan di depan kelas. Guru memotivasi siswa agar
berani mengungkapkan pendapat (Quetioning)
|
2 menit
|
Inti
|
-
Siswa mengamati tiga gambar yang berisi tiga jenis
profesi dari tiga tempat berbeda
-
Siswa menuliskan keterangan tentang tiga jenis
profesi tersebut di bagian bawah gambar
-
Siswa di ingatkan untuk mengisi keterangan tentang
tiga jenis profesi tersebut dengan teliti
-
Siswa menganalisi hubungan antara pekerjaan dan
tempat bekerja. Kemudian menuliskan jawaban dari pertanyaan yang ada di buku
-
Siswa mempresentasikan hasil pengamatan di depan
kelas
|
10 menit
|
Penilaian proses:
-
Guru berkeliling
mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
-
Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya,
kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
-
Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
|
||
Penutup
|
-
Guru menguatkan materi bahwa ada pekerjaan yang
berhubungan dengan tempat tinggal mereka berada, seperti pemetik teh di
pegunungan dan nelayan di pantai
-
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman
hasil belajar selama sehari
|
3 menit
|
-
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
|
||
-
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
||
-
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya,
cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
-
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang
sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung
diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
J. Penilaian hasil pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|||||||||||
·
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan Unjuk kerja
|
|
Catatan
: Centang (a) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total nilaix 10,
9
contoh penilaian:1.5+1+4+3x
10 = 12x 10 = 8,5
9 9
Remedial
Bagi
siswa yang masih belum memahami materi dengan menyeluruh, dapat diberikan
kesempatan untuk mengulang materi tersebut 1 jam setelah pulang sekolah.
Pengayaan
Siswa dapat mencari lebih lanjut tentang penerapan
energi panas.
Penilaian sikap (rasa ingin tahu, obyektif,
teliti, hati-hati, bertanggung jawab, menghargai kerja individu dan kelompok).
Saptosari.,
………………………
Mengetahui Guru
Kelas IV,
Kepala
Sekolah,
RIYANTO,
S.Pd.I
LEMBAR KERJA
SISWA I
Tuliskan energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi saat melakukan kegiatan – kegiatan di bawah
ini.
NO
|
KEGIATAN
|
ENERGI
YANG DIGUNAKAN
|
PERUBAHAN
ENERGI
|
1
|
gambar
(Anak
sedang makan)
|
||
2
|
gambar
(Menjemur
kerupuk udang)
|
||
3
|
gambar
(Membakar
ikan)
|
||
4
|
gambar
(Bermain
layang-layang)
|
||
LEMBAR KERJA
SISWA II
Lakukan
percobaan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini
Langkah Kegiatan:
1. Ambil selembar kertas dan gambarlah
seperti contoh di samping.
2. Guntinglah mengikuti garis sehingga
menyerupai spiral.
3. Lubangi salah satu ujung kertas.
4. Ikat dengan benang, panjang benang
sekitar 50 cm.
5. Ikatkan ujung yang lain pada pensil.
6. Nyalakan lilin, letakkan kertas spiral
di atas api. Jaga jarak supaya tidak terbakar.
saya ingin mendownload rpp ini
BalasHapussaya ingin download rpp ini
BalasHapus