Diberdayakan oleh Blogger.

Slamat datang di blog MI Attaqwa GUPPI Wojowalur

Semoga blog yang masih sederhana ini ada manfaatnya

Rabu, 02 April 2014

Contoh RPP Kelas IV Tematik Kurikulum 2013




 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah               : MI ATTAQWA GUPPI
Tema / Sub Tema          : Berbagai pekerjaan / Jenis-jenis Pekerjaan
Kelas / Semester           : IV / 1
Materi Pokok                : Manusia, dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitar-nya
Pertemuan                     : 1
Alokasi Waktu              : 6 X 35 menit

A.    Kompetensi Inti     :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca)  dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.     Kompetensi Dasar           :
IPA
3.7 Mendeskripsikan hubungan an- tara sumber daya  alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
IPS
4.5 Menceritakan manusia  dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih  dan memilah kosakata baku

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
       IPS
§  Mengidentifikasi keberadaan jenis-jenis pekerjaan serta hubu- ngannya dengan kondisi geografis
IPA
§  Menjelasakan sumber daya alam di suatu daerah dan meng- hubungkannya dengan jenis-jenis pekerjaan yang  ada
Bahasa Indonesia
§  Mengolah   informasi   tentang Macam-macam pekerjaan
D.    Tujuan Pembelajaran     :
·         Dengan mengkaji bacaan tentang hubungan sumber daya alam dan pekerjaannya, siswa mampu menjelaskan hubungan sumber daya alam dan pekerjaan yang  ada di daerah tersebut.
·         Setelah menganalisa gambar,  siswa mampu mengidentifikasi pekerjaan-pekerjaan yang  ada di kebun teh secara rinci.
·         Setelah menganalisa peta siswa mampu mengidentifikasi kondisi geografis dan pekerjaan dengan benar.
·         Setelah mengamati gambar dan berdiskusi,  siswa mampu menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dan kondisi geografis (dataran rendah, tinggi dan perairan).

E.     Materi Pembelajaran
IPS
§  Macam-macam pekerjaan
IPA
§  Pemanfaatan sumber daya alam
Bahasa Indonesia
§  Laporan hasil pengamatan dan berdiskusi

F.     Metode Pembelajaran     :
Metode Pembelajaran : Tugas, Eksperimen, Diskusi, Tanya Jawab, kerja kelompok

G.    Media pembelajaran
Gambar aktivitas orang bekerja di pantai, gunung,

H.    Sumber belajar
1.      Buku Guru Berbagai Pekerjaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.Lazuardi GIS. 2013 hal 1 – 9
2.      Buku Siswa Berbagai Pekerjaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.Lazuardi GIS. 2013 hal 1 – 10
 



I.       Langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
-          Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
-          Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
-          Siswa secara berkelompok mengamati gambar. (Observing)
-          Siswa menulis dan mengomunikasikan hasil pengamatan gambar secara lisan di depan kelas. Guru memotivasi siswa agar berani mengungkapkan pendapat (Quetioning)


2 menit
Inti
-          Siswa mengamati tiga gambar yang berisi tiga jenis profesi dari tiga tempat berbeda
-          Siswa menuliskan keterangan tentang tiga jenis profesi tersebut di bagian bawah gambar
-          Siswa di ingatkan untuk mengisi keterangan tentang tiga jenis profesi tersebut dengan teliti
-          Siswa menganalisi hubungan antara pekerjaan dan tempat bekerja. Kemudian menuliskan jawaban dari pertanyaan yang ada di buku
-          Siswa mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas
10 menit

 
Penilaian proses:
-          Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
-          Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
-          Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.

Penutup
-          Guru menguatkan materi bahwa ada pekerjaan yang berhubungan dengan tempat tinggal mereka berada, seperti pemetik teh di pegunungan dan nelayan di pantai
-          Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
3 menit
-          Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Melakukan penilaian hasil belajar

-          Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

-          Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
-          Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan



J.      Penilaian hasil pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·       
Tugas Individu
dan Kelompok


Laporan dan Unjuk kerja





Kriteria
Keterangan
sudah
belum


















Catatan  : Centang  (a) pada bagian  yang memenuhi kriteria.
Penilaian : total nilaix 10,
                      9       
contoh penilaian:1.5+1+4+3x 10 = 12x 10 = 8,5
                       9                      9

Remedial
Bagi siswa yang masih belum memahami materi dengan menyeluruh, dapat diberikan kesempatan untuk mengulang materi tersebut 1 jam setelah pulang sekolah.
Pengayaan
Siswa dapat mencari lebih lanjut tentang penerapan energi panas.

Penilaian sikap (rasa ingin tahu, obyektif, teliti, hati-hati, bertanggung jawab, menghargai kerja individu dan kelompok).





                                                                                       Saptosari., ………………………
                        Mengetahui                                                           Guru Kelas IV,
                    Kepala Sekolah,



                                                                                                  RIYANTO, S.Pd.I



LEMBAR KERJA SISWA I

Tuliskan energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi  saat melakukan kegiatan – kegiatan di bawah ini.

NO
KEGIATAN
ENERGI YANG DIGUNAKAN
PERUBAHAN ENERGI
1

gambar
(Anak sedang makan)


2

 gambar
(Menjemur kerupuk udang)


3

 gambar
(Membakar ikan)


4

 gambar
(Bermain layang-layang)
















LEMBAR KERJA SISWA II

Lakukan percobaan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini
Langkah Kegiatan:
1. Ambil selembar kertas dan gambarlah seperti contoh di samping.
2. Guntinglah mengikuti garis sehingga menyerupai spiral.
3. Lubangi salah satu ujung kertas.
4. Ikat dengan benang, panjang benang sekitar 50 cm.
5. Ikatkan ujung yang lain pada pensil.
6. Nyalakan lilin, letakkan kertas spiral di atas api. Jaga jarak supaya tidak terbakar.




2 komentar:

 

Blogger news

About