Diberdayakan oleh Blogger.

Slamat datang di blog MI Attaqwa GUPPI Wojowalur

Semoga blog yang masih sederhana ini ada manfaatnya

Sabtu, 15 Februari 2014

KONSEP KURIKULUM 2013

A.        KOMPETENSI
Peserta pelatihan dapat:
1.         memahami secara utuh rasional dan elemen perubahan Kurikulum 2013;
2.         memahami keterkaitan antara SKL, KI, dan KD pada Kurikulum 2013; dan
3.         memahami secara utuh strategi implementasi Kurikulum 2013.

B.        LINGKUP MATERI
1.         Rasional
2.         Elemen Perubahan Kurikulum 2013
3.         Standar Nasional Pendidikan
a.       Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
b.      Standar Isi yang berisi Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
c.       Standar Proses
d.      Standar Penilaian
4.         Strategi Implementasi Kurikulum 2013

C.        INDIKATOR
1.  Menerima rasional pengembangan Kurikulum 2013 dalam kaitannya dengan perkembangan masa depan.
2. Menjelaskan rasional pengembangan Kurikulum 2013 dalam kaitannya dengan perkembangan masa depan.
3.   Menjelaskan permasalahan Kurikulum 2006 (KTSP).
4.  Mengidentifikasi kesenjangan kurikulum antara kondisi saat ini dengan kondisi ideal.
5.   Menjelaskan alasan pengembangan kurikulum.
6.  Menerima empat elemen perubahan Kurikulum 2013 yang mencakup: SKL, SI, Standar Proses, dan Standar Penilaian.
7. Menjelaskan empat elemen perubahan  Kurikulum 2013 yang mencakup: SKL, SI, Standar Proses, dan Standar Penilaian.
8.  Menjelaskan empat elemen perubahan kurikulum dalam hubungannya dengan kompetensi yang dibutuhkan pada masa depan.
9.       Menganalisis keterkaitan SKL, KI, dan KD dalam bentuk kerja sama dengan yang lain.
10.   Menganalisis keterkaitan antara SKL, KI, dan KD.
11.   Mengidentifikasi elemen-elemen penting strategi implementasi Kurikulum 2013 dengan bahasa yang runtut dan komunikatif.
12.   Mengidentifikasi elemen-elemen penting strategi implementasi Kurikulum 2013.

D.        PERANGKAT PELATIHAN
1.         Video Rasional Kurikulum 2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
2.         Bahan Tayang
a.   Rasional
b. Elemen Perubahan Kurikulum 2013
c.  Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD)
d. Strategi Implementasi Kurikulum 2013
3.         Lembar Kerja Analisis SKL, KI, dan KD
4.         Hand-out
a.    Contoh Keterkaitan SKL, KI, KD
b.  Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD)
5.         ATK 



SKENARIO KEGIATAN PEMBELAJARAN
MatERI PELATIHAN    : 1. KONSEP KURIKULUM
Alokasi Waktu           : 4 JP (@ 45 Menit)
Jenjang                          : sd/mi
KELAS                               :  i
TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN

WAKTU
PERSIAPAN
Dilakukan dengan mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media pembelajaran lainnnya.

KEGIATAN PENDAHULUAN
Pengkondisian Peserta
15 Menit
Perkenalan
Fasilitator menjelaskan nama, tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran materi pelatihan Konsep Kurikulum.
Fasilitator memotivasi peserta, mengajak berdinamika agar saling mengenal, serius, semangat, dan bekerja sama saat proses pembelajaran berlangsung.
KEGIATAN INTI

1.1 Rasional
25 Menit
Penayangan Video Mendikbud tentang Paparan Kurikulum 2013 dengan menggunakan V-1.1
10 Menit
Pemaparan oleh fasilitator tentang Rasional Kurikulum 2013 dengan menggunakan PPT-1.1
10 Menit
Tanya jawab tentang Rasional Kurikulum 2013 yang mencakup: permasalahan kurikulum 2006 (KTSP), kesenjangan kurikulum antara kondisi saat ini dan kondisi ideal, serta alasan pengembangan kurikulum dilanjutkan dengan menyimpulkan.
5 Menit
1.2 Elemen Perubahan Kurikulum
20 Menit
Pemaparan oleh fasilitator tentang Elemen Perubahan Kurikulum yang mencakup SKL, SI, Standar Proses, dan Standar Penilaian dan hubungannya dengan kompetensi yang dibutuhkan pada masa depan dengan menggunakan PPT-1.2
10 Menit
Tanya jawab tentang Elemen Perubahan Kurikulum, kemudian fasilitator menyimpulkannya.
10 Menit
ICE BREAKER
5 Menit
1.3 SKL, KI, dan KD
60 Menit
Pemaparan oleh fasilitator tentang SKL, KI, dan KD dengan menggunakan PPT-1.3
10 Menit
Memberi contoh analisis keterkaitan antara SKL, KI, dan KD dengan menggunakan HO-1.3
5 Menit
Kerja kelompok untuk menganalisis keterkaitan SKL, KI, dan KD yang akan dijadikan dasar untuk membuat RPP dengan menggunakan LK-1.3
30 Menit
Presentasi hasil kerja kelompok, sementara kelompok lainnnya memberi komentar/ tanggapan dan menilai hasil kerja kelompok.
15 Menit
1.4 Strategi Implementasi Kurikulum 2013
40 Menit
Pemaparan oleh fasilitator tentang Strategi Implementasi Kurikulum 2013 dengan menggunakan PPT-1.4
10 Menit
Diskusi kelas tentang Elemen-elemen Penting Strategi Implementasi Kurikulum 2013, kemudian merangkum dan menyimpulkan hasil diskusi.
20 Menit
Mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok.
10 Menit
KEGIATAN PENUTUP

Membuat rangkuman materi pelatihan Konsep Kurikulum.
15 Menit
Refleksi dan umpan balik tentang proses pembelajaran.
Fasilitator mengingatkankan peserta agar membaca referensi yang relevan.
Fasilitator menutup pembelajaran




  
Submateri Pelatihan :   1.1 Rasional Kurikulum 2013

Langkah Kegiatan Inti


Penayangan Video Mendiknas
à
Pemaparan Rasional Kurikulum 2013 dengan menggunakan PPT-1.1
à
Tanya Jawab
10 Menit

10 Menit

5 Menit


Penayangan Video
Video tentang Rasionalisasi Kurikulum 2013 yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan selama 10 menit. 
Aktivitas selama penayangan video: peserta diminta mencatat butir-butir penting yang disampaikan Mendikbud dalam video tersebut.

Tanya Jawab
Pertanyaan tentang Rasional Kurikulum 2013 yang mencakup:
a.    permasalahan kurikulum 2006 (KTSP),
b.    kesenjangan kurikulum antara kondisi saat ini dan kondisi ideal,
c.     alasan pengembangan kurikulum dilanjutkan dengan menyimpulkan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

About