A.
KOMPETENSI
Peserta pelatihan dapat:
1.
memahami secara utuh rasional dan elemen perubahan Kurikulum
2013;
2.
memahami keterkaitan antara SKL, KI, dan KD pada
Kurikulum 2013; dan
3.
memahami secara utuh strategi implementasi Kurikulum
2013.
B.
LINGKUP MATERI
1.
Rasional
2.
Elemen Perubahan
Kurikulum 2013
3.
Standar Nasional
Pendidikan
a.
Standar Kompetensi
Lulusan (SKL)
b.
Standar Isi yang
berisi Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi
Dasar (KD)
c.
Standar Proses
d.
Standar Penilaian
4.
Strategi Implementasi
Kurikulum 2013
C.
INDIKATOR
1. Menerima rasional pengembangan Kurikulum 2013 dalam kaitannya
dengan perkembangan masa depan.
2. Menjelaskan rasional
pengembangan Kurikulum 2013 dalam kaitannya dengan perkembangan masa depan.
3. Menjelaskan permasalahan
Kurikulum 2006 (KTSP).
4. Mengidentifikasi kesenjangan
kurikulum antara kondisi saat ini dengan kondisi ideal.
5. Menjelaskan alasan pengembangan kurikulum.
6. Menerima
empat elemen perubahan Kurikulum 2013 yang mencakup: SKL, SI, Standar Proses, dan Standar Penilaian.
7. Menjelaskan empat elemen perubahan Kurikulum 2013 yang mencakup: SKL, SI,
Standar Proses, dan Standar Penilaian.
8. Menjelaskan empat elemen perubahan kurikulum dalam
hubungannya dengan kompetensi yang dibutuhkan pada masa depan.
9. Menganalisis
keterkaitan SKL, KI, dan KD dalam bentuk kerja sama
dengan yang lain.
10. Menganalisis keterkaitan antara SKL, KI, dan KD.
11.
Mengidentifikasi
elemen-elemen penting strategi implementasi Kurikulum 2013
dengan bahasa yang runtut dan komunikatif.
12.
Mengidentifikasi elemen-elemen penting strategi implementasi
Kurikulum 2013.
D.
PERANGKAT PELATIHAN
1.
Video Rasional Kurikulum 2013 oleh Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan
2.
Bahan Tayang
a. Rasional
b. Elemen Perubahan
Kurikulum 2013
c. Standar Kompetensi Lulusan
(SKL), Standar Isi (Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar
(KD)
d. Strategi Implementasi
Kurikulum 2013
3.
Lembar Kerja Analisis SKL, KI, dan KD
4.
Hand-out
a. Contoh Keterkaitan SKL,
KI, KD
b. Standar Kompetensi Lulusan
(SKL), Kompetensi Inti
(KI), dan Kompetensi Dasar
(KD)
5.
ATK
SKENARIO
KEGIATAN PEMBELAJARAN
MatERI PELATIHAN : 1. KONSEP KURIKULUM
Alokasi Waktu : 4 JP (@ 45 Menit)
Jenjang : sd/mi
KELAS : i
TAHAPAN KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERSIAPAN
|
Dilakukan
dengan mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active
Speaker, dan Laser Pointer,
atau media pembelajaran lainnnya.
|
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Pengkondisian Peserta
|
15 Menit
|
Perkenalan
|
||
Fasilitator
menjelaskan nama, tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu, dan skenario
kegiatan pembelajaran materi pelatihan Konsep
Kurikulum.
|
||
Fasilitator memotivasi peserta, mengajak berdinamika
agar saling mengenal, serius, semangat, dan bekerja sama saat proses
pembelajaran berlangsung.
|
||
KEGIATAN INTI
|
1.1 Rasional
|
25 Menit
|
Penayangan Video Mendikbud
tentang Paparan Kurikulum 2013 dengan menggunakan V-1.1
|
10 Menit
|
|
Pemaparan oleh fasilitator
tentang Rasional Kurikulum 2013 dengan menggunakan PPT-1.1
|
10 Menit
|
|
Tanya jawab tentang Rasional Kurikulum 2013 yang mencakup:
permasalahan kurikulum 2006 (KTSP), kesenjangan kurikulum antara kondisi saat
ini dan kondisi ideal, serta alasan pengembangan kurikulum dilanjutkan dengan
menyimpulkan.
|
5 Menit
|
|
1.2 Elemen Perubahan
Kurikulum
|
20 Menit
|
|
Pemaparan oleh fasilitator tentang Elemen Perubahan Kurikulum yang mencakup SKL, SI, Standar Proses,
dan Standar Penilaian dan hubungannya dengan kompetensi yang dibutuhkan pada
masa depan dengan menggunakan PPT-1.2
|
10 Menit
|
|
Tanya jawab tentang Elemen Perubahan Kurikulum, kemudian fasilitator
menyimpulkannya.
|
10 Menit
|
|
ICE BREAKER
|
5 Menit
|
|
1.3 SKL, KI, dan KD
|
60 Menit
|
|
Pemaparan oleh fasilitator
tentang SKL, KI, dan KD dengan menggunakan PPT-1.3
|
10 Menit
|
|
Memberi contoh analisis keterkaitan antara SKL, KI, dan KD dengan
menggunakan HO-1.3
|
5 Menit
|
|
Kerja kelompok untuk menganalisis keterkaitan SKL, KI, dan KD yang
akan dijadikan dasar untuk membuat RPP dengan menggunakan LK-1.3
|
30 Menit
|
|
Presentasi hasil kerja kelompok, sementara kelompok lainnnya
memberi komentar/ tanggapan dan menilai hasil kerja kelompok.
|
15 Menit
|
|
1.4 Strategi
Implementasi Kurikulum 2013
|
40 Menit
|
|
Pemaparan oleh fasilitator
tentang Strategi Implementasi
Kurikulum 2013 dengan menggunakan PPT-1.4
|
10 Menit
|
|
Diskusi kelas tentang Elemen-elemen Penting Strategi Implementasi Kurikulum
2013, kemudian merangkum dan menyimpulkan hasil diskusi.
|
20 Menit
|
|
Mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok.
|
10 Menit
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Membuat rangkuman materi
pelatihan Konsep Kurikulum.
|
15 Menit
|
Refleksi
dan umpan balik tentang proses pembelajaran.
|
||
Fasilitator mengingatkankan peserta
agar membaca referensi yang relevan.
|
||
Fasilitator menutup pembelajaran
|
Submateri
Pelatihan : 1.1
Rasional Kurikulum 2013
Langkah Kegiatan Inti
Penayangan Video Mendiknas
|
à
|
Pemaparan Rasional Kurikulum 2013 dengan menggunakan PPT-1.1
|
à
|
Tanya Jawab
|
10 Menit
|
|
10 Menit
|
|
5 Menit
|
Penayangan Video
Video tentang Rasionalisasi Kurikulum
2013 yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan selama 10
menit.
Aktivitas
selama penayangan video: peserta diminta mencatat butir-butir penting yang
disampaikan Mendikbud dalam video tersebut.
Tanya Jawab
Pertanyaan tentang Rasional Kurikulum 2013 yang mencakup:
a.
permasalahan kurikulum
2006 (KTSP),
b.
kesenjangan kurikulum
antara kondisi saat ini dan kondisi ideal,
c.
alasan pengembangan
kurikulum dilanjutkan dengan menyimpulkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar